Transformasi identitas adalah sebuah proses dinamis dimana setiap individu akan mengalami perubahan dalam dirinya baik disengaja ataupun tidak disengaja. Tujuan penelitian ini adalah melihat adanya transformasi identitas yang dilakukan oleh pecinta Barbie saat setelah mengenal boneka Barbie. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan metode fenomenologi persepsi. Data didapatkan dengan metode wawancara dan observasi dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Collaizi.
Terdapat 5 orang pecinta Barbie yang menjadi informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian adalah terbaginya 3 klaster tema, yaitu identitas sebelum mengenal Barbie, pecinta Barbie memaknai Barbie dan identitas setelah mengenal Barbie. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk pecinta Barbie agar lebih realistis dalam memaknai Barbie dan disarankan untuk Mattel agar membuat Barbie dengan bentuk tubuh serta wajah yang sesuai dengan manusia di dunia.
Kata kunci: Transformasi Identitas, Barbie, Pecinta Barbie