ABSTRAK
Perkembangan internet menciptakan sebuah pola bisnis baru dalam dunia bisnis. Diantaranya adalah transaksi bisnis secara online (e-commerce). Salah satu perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai bisnis adalah Kudo. Kudo merupakan start up business yang menciptakan sebuah platform untuk memberikan peluang kepada jutaan rakyat Indonesia menjadi pelaku usaha digital dengan cara menjadi agen Kudo.
Tidak semua masyarakat Indonesia memiliki tingkat kemampuan penggunaan internet yang sama. Tetapi, sekarang ini muncul perusahaan-perusahaan e-commerce yang membantu mempermudah dalam melakukan transaksi dengan pelanggan salah satunya adalah Kudo. Kudo salah satu startup e-commerce dengan sistem online to offline (O2O). Oleh karenanya dibutuhkan pemahaman bagi masyarakat dalam penggunaannya. Sebelum mengenalkan pada masyarakat maka, karyawan Kudo harus memahami internet terlebih dahulu sebelum mereka mengenalkannya pada orang lain. Kemampuan mengenai internet yang disebut dengan kemampuan internet access dapat digunakan terhadap para karyawan Kudo dan diukur melalui beberapa faktor yaitu, motivational access, material, skills access, dan juga usage acces.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sedangkan populasi yang digunakan adalah karyawan Kudo. Sampel ditetapkan menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dan realibilitas menggunakan software SPSS 2.0
Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat rata-rata internet access oleh faktor motivational access, material, skills access, dan juga usage access di Kudo berada di kategori sangat baik yaitu 87,87%. Dengan kata lain karyawan Kudo telah menguasai dengan sangat baik pemahaman mengenai internet access.
Kata Kunci : internet, internet access, startup, e-commerce