STRATEGI PROMOSI CHANNEL #SAAENIH DALAM MONETISASI DI YOUTUBE

RADEN ARIAYOGA PERDANA

Informasi Dasar

18 kali
17.04.1665
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, YouTube memilik fitur monetisasi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan penghasilan dari mengunggah video ke YouTube. Meski demikian, banyak orang yang belum mengetahui monetisasi YouTube dan prosesnya seperti apa. Sebelum melakukan penelitian, penulis membuat survei pada 20 orang mahasiswa di Telkom University tentang monetisasi YouTube. Dari hasil survei tersebut, hanya 4 dari 20 orang yang tahu mengenai monetisasi YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses monetisasi yang terjadi pada pemilik channel YouTube (YouTuber). Andhika Wipra yang memanfaatkan YouTube sebagai sarana penyalur karya yang dibuatnya. Ia membuat channel dengan nama #SAAENIH yang kebanyakan membuat emergency pomade, yaitu pomade yang digunakan ketika dalam keadaan darurat. Hal yang membuat channel ini menarik, yaitu video-video pomade yang ia gunakan bukanlah pomade yang khusus untuk rambut, melainkan menggunakan bahan-bahan yang tidak lazim dan berhasil mendapatkan penontonnya di ranah YouTube. Dalam melakukan monetisasi, ada beberapa hal yang harus dipenuhi, di antaranya bergabung dengan YouTube Partner, mempunyai google adsense dan mengaktifkan fitur monetisasi. Pendapatan YouTube dihitung berdasarkan CPM tiap per seribu views. Pembagian dengan #SAAENIH adalah 55 % jadi, semakin banyak video ditonton, pendapatan YouTuber semakin besar. Sedangkan strategi promosi yang dilakukan channel #SAAENIH adalah menggunkan bahan tidak lazim dalam videonya, menggunakan judul yang unik, dan melakukan 4 tools dari promotional mix; sales promotion, iklan, internet marketing, dan publikasi. Kata Kunci: Monetisasi, YouTube, Strategi Promosi, #SAAENIH

Subjek

Marketing - strategy
 

Katalog

STRATEGI PROMOSI CHANNEL #SAAENIH DALAM MONETISASI DI YOUTUBE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RADEN ARIAYOGA PERDANA
Perorangan
Maylanny Christin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini