Penduduk DKI Jakarta berjumlah 10.177.900 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk berjumlah 15.367 jiwa/km2. Dengan jumlah kendaraan bermotor mencapai 17.523.967 kendaraan (pemprovdki,2016). Dan, jumlah kendaraan beroperasi di tol Jakarta sebesar 18.057.431 kendaraan (Jasa Marga, 2016). Untuk itulah adanya teknologi Smart Card, Smart Card dapat diaplikasikan sebagai alat pembayaran elektronik atau e-wallet, kartu telepon seluler, kartu mahasiswa, reservasi hotel, pemesanan tiket pesawat dan kendaraan, KTP, SIM, kartu perpustakaan, dan kartu rumah sakit yang berisi catatan medis. Kegunaan Smart Card sebagai alat pembayaran elektronik inilah yang dicoba dibahas sebagai salah satu contoh kemudahan aplikasi Smart Card yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah E-Toll Card.
Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran penilaian terhadap kepuasan pelanggan terutama pada faktor emosional dan faktor kemudahan, kemudian melihat hubungan tersebut dengan mobilitas pengguna E-Toll Card di Jakarta .
Metode pengumpulan data dengan survey dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pengguna E-Toll Card. Dikarenakan populasi pengguna E-toll card tersebut tidak bisa diprediksi, karena banyaknya jumlah angka konsumen yang memiliki dan menggunakan E-toll card. Cara mengetahui siapa yang telah menggunakan dan memiliki E-toll card atau belum yaitu dengan menggunakan screening question.
Ruang lingkup penelitian ini adalah pengguna E-Toll Card yang ada di Jakarta. di khususkan pada transaksi yang pembayaran yang menggunakan e-toll card saja, untuk pengunaan alat transaksi selain e-toll card tidak dimasukkan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Kepuasan pelanggan pada masyarakat penduduk Jakarta pengguna E-toll Card dimata responden yang menggunakan E-toll Card secara Faktor Emosional dan Faktor Kemudahan sudah sangat terpenuhi.