ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran media sosial yang dilakukan oleh PT Matoa Indonesia Digdaya dalam meningkatkan Brand Awareness.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Infroman yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 informan utama, yang diambil dari sisi pelanggan produk jam tangan kayu Matoa dan juga pihak marketing Matoa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa strategi komunikasi pemasaran Matoa Indonesia dalam meningkatkan kesadaran merek dengan menggunakan komponen strategi pesan dan strategi media. Pertama, Isi informasi komunikasi Informasi yang di berikan tidak hanya berkaitan tentang produk saja, melalui hashtag #createyourtime, Matoa memberikan banyak informasi mengenai bagaimana cara menghargai waktu, cara perawatan produk, informasi pemesanan, promosi dan juga informasi lainnya. Kedua, Penggunaan moods pada setiap minggu yang berbeda mampu menimbulkan daya tarik secara emosional, Pemilihan mood atau feed yang ditampilkan oleh Matoa berbeda setiap minggunya, biasanya mengikuti event-event yang sedang berlangsung atau hari-hari besar. Mengenai strategi media, Matoa menggunakan instagram sebagai salah satu tools pemasaran yang dilakukan melalui media sosial untuk meningkatkan brand awareness, dan memberikan celah kepada konsumen melalui event-event yang mana konsumen dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan juga melayani konsumen dengan membalas komentar, memberikan solusi, melayani dengan fast respon.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Matoa telah memasuki tahapan brand recall dalam elemen brand awareness, yang mana konsumen tidak hanya mengetahui nilai dan manfaat yang diberikan, tetapi lebih dari itu yang mampu membentuk kesan dan pengalaman dalam penggunaan produk yang mampu diingat dan diakui oleh konsumen.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Brand Awareness, Matoa Indonesia.