Bermula dari besarnya masalah peningkatan jumlah perempuan plus size di Indonesia. Masalah tersebut muncul dikarenakan pada era sekarang adanya kemudahan dan praktis dalam mendapatkan makanan. Disamping masalah peningkatan jumlah perempuan plus size terdapat masalah lainya bagi perempuan plus size yaitu masalah fashion. Indonesia memiliki penduduk mayoritas beragama islam sebab itu banyak masyarakatnya bergaya busana yang mengikuti aturan agama islam. Pada akhirnya banyak perempuan plus size mengalami kesulitan mencari busana muslim yang sesuai dengan ukuran tubuhnya dan nyaman dikarenakan masih sedikitnya fashion brand yang mewadahi kebutuhan fashion busana muslim untuk perempuan plus size. Permasalahan tersebut menjadi peluang bisnis yang sangat besar. Salah satu fashion brand yang merespon peluang bisnis tersebut adalah brand Valisha. Dalam penelitian kali ini membantu brand Valisha dalam merancang busana muslim ready-to-wear untuk perempuan plus size. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yaitu dengan melakukan pengumpulan data yang bersumber dari buku-buku, literatur-literatur dan laporan-laporan yang ada kaitannya dengan masalah penelitian dan metode eksperimen yaitu dengan melakukan percobaan terhadap teknik rancangan pola serta alternatif desain. Produk yang dihasilkan adalah busana muslim ready-to-wear untuk perempuan plus size dengan menggunakan ciri khas brand Valisha yaitu casual style, unsur garis dan warna romantic. Agar dapat membuat busana muslim ready-to-wear yang nyaman untuk perempuan plus size dan sesuai dengan ciri khas brand Valisha, busana dibuat dengan cara merancang potongan pola, menegaskan garis detail pada rancangan pola menggunakan potongan kain serta membuat motif garis vertikal dan garis organis menggunakan teknik digital printing.