Kota-kota besar di Indonesia sudah banyak memiliki identitas untuk memperkenalkan keunggulannya, antara lain Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, dan masih banyak lagi. Kota Ngawi adalah kota yang berada di pintu masuk provinsi Jawa Timur di bagian barat, banyak sekali pelancong yang melewati Ngawi untuk menuju daerah lain di Jawa Timur, menurut sekretaris Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga, pelancong tersebut kurang mengenal Ngawi, hanya sekedar lewat, padahal Ngawi memiliki lima destinasi wisata sejarah yang beragam, mulai dari zaman manusia purba hingga pasca Indonesia merdeka. Kelima lokasi ini berkaitan langsung dengan sejarah Indonesia, sehingga masyarakat sebaiknya mengetahui bagaimana perjuangan para pahlawan sebagai wujud apresiasi dan penghormatan terhadap pahlawan, terutama remaja dewasa yang menyukai kegiatan menjelajah wisata-wisata di Indonesia maupun di luar negeri, informasi yang mereka peroleh dapat diteruskan kembali kepada khalayak umum, dan berpengaruh untuk pengenalan Ngawi. Sehingga diperlukan pengenalan terhadap Ngawi, melalui kelima wisata sejarah tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk dapat merancang city branding Kota Ngawi melalui wisata sejarah tersebut sebagai cara memperkenalkan Ngawi. Menggunakan metode pengumpulan data kualitatif yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan metode analisis SWOT. Hasil perancangan tersebut berupa buku ilustrasi tempat wisata sejarah di Ngawi serta uraian pengenalan hasil city branding yaitu berupa logo dan slogan.
Kata kunci : city branding, wisata sejarah, buku, ilustrasi, memperkenalkan, informatif.