Permainan ialah sebuah kegiatan yang dilakukan anak-anak untuk mencapai perkembangan yang sempurna. Kertas dapat menjadi salah satu alat yang digunakan oleh anak dalam bermain. Seiring dengan perkembangannya zaman, permainan anak menggunakan kertas sudah tergantikan dengan video game. Dikarenakan orang tua yang memfasilitasi anak-anak mereka dengan benda-benda digital yang membuat anak lebih tertarik. Walaupun bermain video game tidak selamanya berdampak buruk, tetapi bermain dengan menggunakan kertas atau origami dapat lebih mengembangkan kreativitas dan imajinasi bagi anak-anak.
Berdasarkan data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan studi pustaka, lalu disimpulkan menggunakan matriks analisis, maka diperlukannya sebuah cara untuk menunjukan serta melestarikan permainan menggunakan kertas kepada anak-anak dengan cara membuat sebuah perancangan buku cerita bergambar tentang permainan-permainan anak menggunakan kertas yang dapat membuat anak-anak suka dan lebih tertarik.
Melalui perancangan buku cerita bergambar ini diharapkan anak-anak dapat mengetahui, membuat, dan juga memainkan permainan-permainan menggunakan kertas sebagai alat bermain, yang secara tidak langsung dapat merangsang pola pikir, imajinasi, serta kreativitas pada anak. Juga diharapkan akan menumbuhkan kesadaran kepada orangtua bahwa bermain menggunakan kertas atau origami banyak memberikan dampak positif untuk anak-anak mereka.