Baterai multisel sangat dibutuhkan untuk kendaraan elektrik pada akhir dekade ini
agar daya baterai dapat bertahan lama dalam melakukan perjalanan yang jauh.
Selain menjaga daya agar dapat bertahan lama, diperlukan juga sebuah system yang
dapat mengisi lebih cepat agar dapat mengefisiensi waktu.
Multisel baterai adalah suatu baterai yang dikemas terdiri dari beberapa sel baterai
yang disusun secara seri agar dapat menambah kapasitas sesuai keperluan.
Dikarenakan terdiri dari beberapa sel, maka diperlukan penyeimbangan kapasitas
dalam proses pengisian upaya dalam bentuk pencegahan terjadinya overcharging.
Sistem pengisian ini menggunakan metode Constant voltage / constant current
yang berfungsi mengendalikan arus dan tegangan pada siklus pengisian. Selain
metode pengisian daya, ada juga metode penyeimbangan daya dengan
menggunakan topology Flyback. Sistem ini menggunakan perhitungan State Of
Charge (SOC) yang berfungsi mengidentifikasi nilai arus, tegangan, dan kapasitas.
Pada sistem pengisian, Constant current beroperasi selama kurang lebih 400 detik
sedangkan Constant voltage beroperasi selama hampir satu jam. Pada pengujian
untuk mengetahui resistansi dalam baterai, hasilnya nilai tahanan dalam baterai
menurun dengan diikutinya nilai arus dan tegangan. Pada implementasi sistem
penyeimbang diperoleh tegangan keluaran sistem penyeimbang adalah 4,52 Volt
dengan arus 6,6 mA, frekuensi 50.000 Hz, duty cycle 50%, balancing circuit power
sebesar 0.03 Watt.
Kata Kunci: Multicell, Lithium polymer, state of charge, penyeimbang,
pengisian.