Model User Interface Aplikasi Pembelajaran Doa-doa Harian Sesuai User Experience Anak Usia Dini Menggunakan Metode User Centered Design

LUTHFI LISAN SHIDQI

Informasi Dasar

85 kali
17.04.2297
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi menjadi solusi untuk membantu anak dalam proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan, salah satunya dalam proses pembelajaran doa-doa harian. Mengacu pada wawancara yang telah dilakukan kepala sekolah PAUD Darunnisa Bandung, terlihat bahwa pembelajaran doa-doa harian di PAUD tersebut masih terdapat masalah yaitu masih menggunakan bahasa lisan, hal ini mengakitbatkan anak menjadi tidak konsentrasi dan sulit untuk menghafal doa-doa harian. Berdasarkan survei usability test pada beberapa aplikasi pembelajaran doa-doa harian, masih ditemukan beberapa kekurangan dalam aspek usability. Beberapa aspek usability yang masih terdapat kekurangan yaitu pada memorabilitas, penanganan kesalahan, dan tingkat efisiensi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan prototype model user interface berdasarkan model user experience menggunakan metode User Centered Design (UCD) yang sesuai dengan karakteristik user dan kurikulum pendidikan anak usia dini. Untuk menganalisis task user menggunakan metode Hierarchical Task Analysis (HTA) dan untuk menganalisis aspek usability yang dihasilkan menggunakan standar Quality in Use Integrated Measurement (QUIM). Model user interface yang dihasilkan diimplementasikan dalam bentuk prototype aplikasi berbentuk flash pada smartphone android. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat pemahaman dari setiap faktor QUIM dan tipe user memiliki nilai yang baik, yaitu untuk faktor efficiency 89%, effectiveness 93%, productivity 94%, satisfication 93%, learnability 94%, trustfulness 92%, accesability 93%, universality 87%, usefulness 97%. Untuk user dengan tipe high 96,89%, medium 96,44%, dan low 89,56%. Semua faktor QUIM dan tipe user menunjukan tingkat pemahaman yang sangat baik, hal ini menunjukan model user interface berdasarkan model user experience pada aplikasi pembelajaran doa-doa harian sesuai dengan karakteristik user dan kurikulum pendidikan anak usia dini.

Kata kunci : pendidikan anak usia dini, media pembelajaran interaktif, doa-doa harian, user experience, user interface, user centered design, hierarchical task analysis, quality in use integrated measurement.

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

Model User Interface Aplikasi Pembelajaran Doa-doa Harian Sesuai User Experience Anak Usia Dini Menggunakan Metode User Centered Design
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFI LISAN SHIDQI
Perorangan
Veronikha Effendy, Anisa Herdiani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini