ABSTRAK
Webqual adalah alat atau instrumen yang dikembangkan oleh Stuart Barnes dan Richard Vidgen digunakan untuk menilai kegunaan, informasi, dan kualitas interaksi layanan dalam situs internet, terutama yang menawarkan e-commerce facilities. Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Sebuah website diukur dari segi kualitasnya untuk lebih memberikan kepuasan kepada para penggunanya dalam mengakses website yang di inginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas website terhadap penggunanya di kota bandung. Jenis penelitian deskriptif. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap masyarakat kota bandung yang pernah mengakses atau bertransaksi secara online dalam website Traveloka sebanyak 400 responden dengan teknik sampling yaitu judgement sampling. Teknik analisis yang dilakukan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan hasil dari tanggapan responden, hasil dari nilai koefisien determinasi sebesar 62,0% yang artinya faktor ussability, information Quality, dan Service Interaction Quality berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website Traveloka dan sisanya sebesar 38,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Nilai F-hitung 215,571 lebih besar dari F-tabel 2,627, dan nilai T-hitung Ussability (4,374), T-hitung Information Quality (4,536), T-hitung Service Interaction Quality (7,458) menunjukan lebih besar dari T-tabel yaitu (1,966). Dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial atau simultan variabel Webqual dan sub variabel Ussability, Information Quality, Service Interaction Quality berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan pengguna atas Kualitas website Traveloka.
Kata Kunci : WebQual, E-commerce, Kepuasan Pengguna