Analisis Sikap Pengguna Spotify Pada Iklan Spotify Premium Berdasarkan Model Hierarchy of Effects

GIANTTIRA PRAMUDITA

Informasi Dasar

314 kali
17.04.2368
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dua tahun belakangan ini, music streaming sedang menjadi tren positif di kalangan pecinta musik. Salah satu layanan penyedia jasa streaming musik adalah Spotify. Spotify sendiri menawarkan dua pilihan untuk layanan streaming musik mereka, yaitu Spotify free dimana pengguna hanya perlu untuk membuat akun Spotify untuk bisa memiliki akses ke jutaan lagu secara gratis dimana pada setiap sesi mendengarkan lagu akan ada sesi ad-break (iklan) dan Spotify pemium dimana pengguna dapat membayar biaya per bulan untuk mendapatkan fitur tambahan seperti sesi mendengarkan musik tanpa iklan, akses musik kualitas tinggi, dan lainlain. Spotify mengiklanakan layanan Spotify premium melalui iklan di internet dan melalui aplikasi Spotify. Iklan yang ada pada aplikasi Spotify akan memunculkan sikap kepada para pengguna aplikasi Spotify. Saat ini Spotify memiliki 140 juta pengguna aktif, tetapi pengguna Spotify yang berlangganan Spotify premium hanya sebanyak 60 juta pengguna (sumber: press.spotify.com). Dilihat dari jumlah tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti sikap pengguna pada iklan Spotify premium berdasarkan model hierarchy of effects. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan kuisioner dengan teknik incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data pada penelitian “Analisis Sikap Pengguna Spotify Pada Iklan Spotify Premium Berdasarkan Model Hierrarchy of Effect” dapat disimpulkan bahwa secara kognitif pengguna sudah sadar (aware) dan memiliki pengetahuan (knowledge) akan Spotify premium dan hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kognitif dari pengguna Spotify termasuk ke dalam kategori baik. Secara afektif pengguna menyukai, dan lebih memilih spotify premium, serta memiliki keyakinan pada Spotify premium. Secara konatif pengguna sudah berminat untuk berlangganan Spotify premium, hasil analisis data juga menunjukkan bahwa tingkat konatif pengguna berada dala kategori baik. Kata Kunci: Sikap terhadap iklan, Kognitif, Afektif, Konatif

Subjek

ADVERTISING IN DIGITAL MEDIA
 

Katalog

Analisis Sikap Pengguna Spotify Pada Iklan Spotify Premium Berdasarkan Model Hierarchy of Effects
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIANTTIRA PRAMUDITA
Perorangan
Sylvie Nurfebiaraning
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SK832146 - SKRIPSI
  • COH3Q4 - RISET KOMUNIKASI DAN PEMASARAN
  • CBH4K6 - SKRIPSI
  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini