Wisata bahari di Jember, merupakan beragam obyek wisata bahari alternatif yang keberadaannya tidak dapat dihiraukan bagi para pecinta wisata alam khususnya wisata bahari. Keragaman wisata bahari di Jember sangatlah menawan dan juga menyimpan keistimewaannya masing-masing. Karena taraf hidup di Kabupaten Jember belum setinggi taraf hidup di kota-kota besar lainnya, dengan obyek wisata bahari yang begitu beragam Jember layak untuk diperhitungkan dari segi wisata bahari. Tidak adanya media promosi yang khusus membahas tentang obyek wisata bahari Kabupaten Jember membuat banyak calon wisatawan dari luar Jember yang terkendala dalam mendapatkan informasi tentang obyek wisata bahari selain lokasi obyek wisata bahari itu sendiri. Hal tersebut menyebabkan obyek wisata bahari di Jember kurang dikenal dan juga tidak menjadi tujuan wisata utama bagi para calon wisatawan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat perancangan media promosi dan strategi komunikasi yang efektif untuk obyek wisata bahari di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan media promosi dengan buku panduan wisata sebagai media utama dan berbagai macam media pendukung berdasarkan strategi yang digunakan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan studi pustaka, pengamatan langsung, dan wawancara terhadap pihak terkait diharapkan penulis bisa mendapatkan informasi yang lebih faktual. Serta penggunaan metode analisis SWOT dan AISAS yang menjadikan informasi yang didapatkan lebih efisien dan juga tepat sasaran. Dengan menggunakan strategi tersebut, diharapkan mampu memberikan dampak yang positif terhadap minat dari calon wisatawan dan juga menjadi media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada para wisatawan.