Perancangan dan Implementasi Adaptive Intrusion Prevention System (IPS) untuk Pencegahan Penyerangan pada Arsitektur Software-Defined Network (SDN)

RIFQI FAUZAN PRATAMA

Informasi Dasar

17.04.2739
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Intrusion Prevention System (IPS) adalah sebuah tools untuk mengamankan jaringan terhadap paket berbahaya yang dikirim dari sebuah host. IPS dapat diinstalasi di jaringan SDN yang memiliki arsitektur logika terpusat, sehingga IPS tidak perlu diinstalasi di banyak titik melainkan diinstalasi bersisian dengan controller sebagai pusat logika jaringan. Akan tetapi terdapat sebuah kekurangan yang dimiliki IPS yaitu durasi blokir akan selalu sama, tidak perduli seberapa sering suatu host melakukan serangan. Pada tugas akhir ini, dibuat sebuah sistem yang tidak hanya mengintegrasikan IPS di SDN, namun juga merancang adaptive IPS dengan memanfaatkan logika fuzzy yang dapat memutuskan seberapa lama waktu blokir berdasarkan dari variabel frekuensi dan jenis serangan yang diberikan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, jaringan SDN yang telah dilengkapi dengan adaptive IPS memiliki kemampuan untuk mendeteksi serangan cyber dan juga dapat memblokir host penyerang dengan durasi yang sesuai dengan frekuensi serta jenis serangan yang telah dilakukan. Hasil akhir yang diperoleh yaitu membuat jaringan SDN menjadi lebih aman dengan hanya penambahan 0,228 milidetik sebagai execute time yang dibutuhkan algoritma fuzzy dalam sekali proses.

Subjek

NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Adaptive Intrusion Prevention System (IPS) untuk Pencegahan Penyerangan pada Arsitektur Software-Defined Network (SDN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI FAUZAN PRATAMA
Perorangan
NOVIAN ANGGIS SUWASTIKA, M. ARIEF NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini