ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengakses YouTube terhadap aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh antara intensitas mengakses YouTube terhadap aktivitas belajar di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling proportionate stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, intensitas mengakses YouTube memiliki pengaruh negatif yang cukup kuat terhadap aktivitas belajar yakni sebesar 22,1%. Hal ini dibuktikan dari nilai koefisien (r) sebesar 0,470 yang masuk ke dalam kategori tingkatan hubungan yang cukup kuat. Sedangkan sisanya sebanyak 77,9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus penelitian ini seperti faktor psikologi dan faktor keluarga.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas mengakses YouTube yang dilakukan mahasiswa mempunya pengaruh negatif yang cukup kuat atau tinggi terhadap aktivitas belajar mahasiswa, baik itu di rumah maupun di kampus. Dampak negatif yang ditimbulkan salah satunya adalah membuat mahasiswa sulit berkonsentrasi. Hal ini berarti semakin tinggi intensitas mengakses YouTube yang dilakukan mahasiswa, maka semakin berdampak negatif terhadap aktivitas belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University.