Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah persaingan usaha yang tidak sehat. Maka dari itu kurangnya pengetahuan akan pengemasan produk membuat usaha kelas mengengah milik Abon Bu Achmad mengalami penurunan penjualan dan tenggelam oleh popularitas produk perusahaan besar lainnya. Dan didalam pengemasan memiliki fungsi dan nilai-nilai yang nantinya akan meningkatkan penjualan. Tujuan dalam perancangan ini yaitu merancang sebuah media kemasan untuk memberikan visual surface kemasan yang baru yang komunikatif, populer dan dapat bersaing dipasaran. Metode kualitatif sebagai metode untuk menghasilkan data penelitian deskriptif seperti data observasi, wawancara, studi pustaka untuk keperluan informasi - informasi yang didapat langsung dari narasumber. Kemasan sebagai perantara penghubung sebuah produk karena untuk mengaplikasikan suatu produk memakai kemasan yang baik dan dapat dipahami menimbulkan daya tarik konsumennya. Perancangan kemasan Abon Bu Achmad untuk membentuk pembaharuan yang baru memberikan kualitas produknya yang aman, nyaman dan menarik didukung oleh bahan yang kuat dan nyaman untuk dibawa serta menggunakan tampilan visual agar menarik dan juga penggunaan bahasa yang mudah di mengerti oleh konsumennya. Diharapkan konsumen lebih meloyalitaskan produk lokal dalam negeri khususnya usaha kelas menengah karena produk UKM tidak kalah bagus dari produk pesaing-pesaing lainnya.
Kata Kunci : Kemasan, Abon Bu Achmad, Kota Bandung