MY BODY : Aplikasi Pembelajaran Organ Vital dan Tulang pada Rangka Tubuh Manusia menggunakan Augmented Reality

LINA FITRIYANI, RADEN NADIA EKA SYAHPUTRI, RESKA JULIA LOVANI

Informasi Dasar

196 kali
17.06.704
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Aplikasi My Body adalah aplikasi berbasis mobile yang menggunakan augmented reality. Aplikasi ini memperkenalkan organ-organ vital dan tulang pada tubuh manusia dalam bentuk 3D (tiga dimensi). Sehingga user dapat memahami dalam pembelajaran Biologi atau khususnya dalam pembelajaran organ-organ vital (jantung, hati, ginjal, otak, dan paru-paru) dan tulang pada tubuh manusia. Aplikasi My Body menggunakan software Blender, Unity, Adobe Illustrator dan Vuphoria. Cara penggunaan aplikasi My Body yaitu dengan cara menscan marker pada dua menu yang tersedia (Organ vital dan Rangka Tubuh) kelebihan yang terdapat pada menu organ vital yaitu user dapat melihat fungsi dan gejala atau penyakit dari organ yang discan, sementara kelebihan badan rangka tubuh yaitu user dapat menyatukan marker dan menjadikannya rangka tubuh utuh dari tengkorak hingga kaki, yang membedakan kedua menu adalah pada menu rangka tubuh tidak terdapat fungsi ataupun gangguan pada objek. Aplikasi My Body sudah diuji di SDN Pengasinan VII Bekasi dan mendapatkan surat pernyataan bahwa Aplikasi My Body akan digunakan di sekolah tersebut, hasil uji pada aplikasi My Body menunjukan 70% hasil total mengatakan aplikasi ini mudah digunakan dan 80% menujukan bahwa aplikasi My body sudah sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu aplikasi My Body masih harus dikembangkan lagi.

Subjek

SOFTWARE DEVELOPMENT
 

Katalog

MY BODY : Aplikasi Pembelajaran Organ Vital dan Tulang pada Rangka Tubuh Manusia menggunakan Augmented Reality
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LINA FITRIYANI, RADEN NADIA EKA SYAHPUTRI, RESKA JULIA LOVANI
Perorangan
HARIANDI MAULID , AMIR HASANUDIN FAUZI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DIH1B2 - ALAT BANTU GAMBAR DIGITAL UNTUK ANTARMUKA APLIKASI
  • DIH1C3 - PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI
  • DIH2A3 - MULTIMEDIA DASAR
  • DIH2B2 - PEMODELAN DIGITAL UNTUK VISUALISASI 3D
  • DIH2C3 - MULTIMEDIA TERAPAN
  • DIH2D3 - PENGANTAR PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN (GAME)
  • DPH1C4 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
  • VII1D3 - ALAT BANTU GAMBAR DIGITAL UNTUK ANTARMUKA APLIKASI
  • VII2C4 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
  • VII3C3 - MULTIMEDIA TERAPAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini