Berdasarkan hasil Nielsen Retail Audit Results Full Year 2015, Sampoerna
memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia yang menjadikannya
perusahaan rokok nomor satu di Indonesia. Menurut data dari The Tobacco Atlas
2015, Indonesia menempati peringkat empat dunia sebagai negara pengkonsumsi
rokok. Hal ini berbanding lurus dengan tingginya jumlah kematian prematur
akibat rokok setiap tahunnya yang menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi
jumlah kematian prematur akibat rokok di wilayah ASEAN.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa
terhadap citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. berdasarkan pengetahuan etika
bisnis mereka mengenai CSR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner
online untuk keperluan pengumpulan data. Jumlah responden yang digunakan
sebanyak 100 orang mahasiswa jurusan MBTI, Fakultas Ekonomi Bisnis,
Universitas Telkom. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi
linier sederhana dengan SPSS 20.
Dari hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan etika
bisnis mahasiswa MBTI mengenai CSR memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap persepsi mereka pada citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. Dalam
hal penilaian terhadap CSR Sampoerna, mahasiswa menilai apa yang sudah
diberikan sangat baik sehingga persepsi mereka terhadap citra perusahaan juga
baik. Namun, disisi lain, mahasiswa MBTI menganggap rokok merupakan produk
berbahaya yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan maupun lingkungan.
Sehingga mahasiswa MBTI merasakan ethical dilemma dalam menyikapi hal
tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa
terhadap citra perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. sudah baik. Perusahaan
diharapkan dapat meninjau kembali keamanan produknya dan membuat aturan
bersama dengan pemerintah dalam membuat inkubasi khusus perokok di area
publik, serta menggalakan dan menindak tegas konsumen yang melanggar aturan
agar tercipta suasana aman dan nyaman bagi masyarakat ketika berada di ruang
publik.
Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Etika Bisnis, CSR