Kemajuan teknologi secara global membuat masyarakat modern menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupannya. Perkembangan teknologi mobile memberi kemudahan pengguna untuk dapat mengakses konten-konten yang diinginkan di media sosial.
Media sosial memiliki konten yang berisi informasi, yang dibuat oleh orang yang memanfaatkan teknologi penerbitan, sangat mudah diakses dan dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi, pengaruh dan interaksi dengan sesama dan dengan khalayak umum. Hal ini dimanfaatkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk membuah sebuah akun Instagram bernama @indtravel sebagai penyedia informasi kepariwisataan Indonesia.
Dalam penelitian ini, sikap penggunaan teknologi akan diukur melalui persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 327.000 dengan sampel 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berada pada kategori baik, persepsi kemudahan penggunaan berada pada kategori sangat baik, dan sikap penggunaan teknologi berada pada kategori baik. Secara parsial, variabel persepsi kegunaandan variabel persepsi kemudahan penggunaan (X2) (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan teknologi (Y). Secara simultan, persepsi kegunaan (X1) dan persepsi kemudahan penggunaan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap penggunaan teknologi (Y).
Kata kunci: Media Sosial, Instagram, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Penggunaan Teknologi, Technology Acceptance Model (TAM)