Suatu perbedaan sosial di lingkungan telah menjadi hal yang biasa untuk anak-anak
yang memiliki gangguan terhadap perkembangan otak atau gangguan autis. Dimanagangguan autis tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikurangi dengan melakukan suatu terapi. Terapi yang memakai metode pembelajaran pada tahap awal merupakan suatu identifikasi untuk mengenal lingkungan sosial. Metode pembelajaran identifikasi ini meliputi:pengenalan angka, huruf, binatang, buah, dan benda yang dapat membantu anak autis untuk masuk ke lingkungan sosial.Aplikasi yang mengimplementasikan metode pembelajaran pada
tahap awal atau tahap identifikasi ke dalam suatu teknologi sangat dibutuhkan. Aplikasi pembelajaran untuk anak autis berbasis android yang berisikan metode pembelajaran untuk
pengenalan angka, huruf, gambar, dan penyamaan gambar telah berhasil dibuat di dalam proyek akhir ini. Perancangan yang sesuai dengan metode pembelajaran menghasilkan 4 modul pembelajaran yang terdiri dari modul pengenalan angka, modul pengenalan huruf,modul pengenalan gambar, dan modul penyamaan gambar. Proses pembelajaran akan dibantu dengan adanya suara yang membantu user dalam melakukan proses pembelajaran.Pengujian yang telah dilakukan menghasilkan tanggapan yang baik untuk penggunaan aplikasi ini.Dengan pengujian kuesioner telah didapatkan persentase secara keseluruhan sebanyak 86% ahli terapi menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu ahli terapi dan anak autis dalam melakukan pembelajaran dibandingkan dengan cara pembelajaran manual.