ABSTRAK
Peningkatan arus globalisasi pada masa sekarang ini menuntut pemerintah kota berkompetisi melakukan branding terhadap kotanya termasuk salah satu kotanya adalah Bandung yang fokus membranding smart city. Dalam kurun waktu tiga tahun Bandung telah mampu bersaing dalam kancah internasional dengan mewakili Indonesia terpilih sebagai finalis 6 besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation di Barcelona. Humas Pemerintah Kota Bandung sebagai salah satu cerminan smart governance yang secara aktif memberikan informasi dan berinteraksi aktif dengan khalayak melalui media baik online maupun offline. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dengan tujuan penelitian untuk mengetahui strategi city branding yang dilakukan oleh Humas Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan smart city melalui program smart governance. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data wawancara. Objek penelitian ini adalah Humas Pemerintah Kota Bandung. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi yang dijalankan adalah melalui integrasi komunikasi online dan offline melalui publikasi media sosial, elektronik maupun cetak, menjalin relasi media, dan mengadakan special event.
Kata kunci: public relation, city branding, smart city, smart governance