Perangkat Ajar Bantu Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Multimedia

Victoria Kannes

Informasi Dasar

613070048
006.7
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kemajuan teknologi informasi saat ini berkaitan erat dengan teknologi Internet. Berdasarkan sejarah teknologi Internet tercipta dari kebutuhan DEparteme3n Pertahanan Amerika akan jaringan komunikasi yang dapat bertahan terhadap serangan nuklir, konsep revolusi mereka adalah jaringan yang kontrol tidak terpusat. Inilah yang mendasari terciptanya jaringan komputer.

Jaringan komputer merupakan mata kuliah wajib yang diajarkan di jurusan D3 informatika Fakultas Informatika, IT Telkom. Selama perkuliahan berlangsung dirasakan beberapa kendala yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran. Mahasiswa tidak fokus dan tidak hadir di kelas sehingga mahasiswa tidak memahami materi yang disampaikan dalam kelas.

Berdasarkan penelitian De Porter, setiap orang mempunyai cara optimaldalam mempelajari informasi. Banyak variabel yang mempengaruhi cara belajar orang, ini mencakup faktor-faktor fisik, emosional, sosiologis dan lingkungan.Manusia dapat menyerap suatu materi sebanyak 70%, dari apa yang dikerjakan, 50% dilihat dan didengar (audio visual), sedangkan dari yang dilihat hanya 30%, dari apa yang didengar hanya 20% dan dari yang dibaca hanya 10%.

Perangkat ajar merupakan suatu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi bagi seorang pengajar kepada siswa. Perangkat ajar dapat memanfaatkan komputer untuk meyampaikan bahan-bahan yang diajarkan biasa disebut Computer Aided Intruction (CAI).Penyampaian materi umumnya dirancang dalam bentuk multimedia agarlebih memudahkan siswa dalam memahami materi.

Proyek akhir ""Perangkat Ajar Bantu Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Multimedia"" dibangun dengan AQdobeFlash CS3 dan xml. Memiliki beberapa fungsionalitas untuk mendukung sistem pembelajaran yang berbasiskan multimedia yaitu animasi, teks, audio untuk penyampaian materi jaringan. Selain itu terdapat evaluasi terhadap materi yang telah dipelajari dalam bentuk soal

Subjek

MULTIMEDIA SYSTEMS
 

Katalog

Perangkat Ajar Bantu Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Multimedia
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Victoria Kannes
Perorangan
Vera Suryani, ST., MT , Bambang Pudjoatmodjo, S.si, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini