Kompas Gramedia Studio (KG Studio) adalah sebuah rumah produksi yang dibangun oleh Kompas TV. Pada bulan Februari 2013, KG Studio memproduksi film pertamanya yang berjudul ‘Cinta Dalam Kardus’. Salman Aristo sebagai sutradara mengatakan bahwa Cinta Dalam Kardus merupakan film komedi romantis dengan konsep semi monolog yang didasari oleh ide stand up comedy.
Di dalam film tersebut terdapat pesan-pesan dan keunikan yang disampaikan melalui penggunaan elemen kardus untuk set dan properti pada hampir seluruh adegan dalam film. Pesan dan keunikan film ini perlu disampaikan kepada masyarakat khususnya remaja sebagai target audience.
Sayangnya, KG Studio belum mempunyai pengalaman dalam hal perancangan media promosi film untuk menarik target audience. Sementara itu, KG Studio hanya memiliki waktu tiga bulan untuk merancang strategi dan media promosi sebelum film Cinta Dalam Kardus tayang di bioskop. Di bulan Juni pun ada beberapa film Indonesia lain yang tayang, yaitu Samudra Hotel, Coboy Junior The Movie, Refrain, dan Leher Angsa. Kelima film tersebut dapat menjadi pesaing bagi film Cinta Dalam Kardus.
Solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah membuat perancangan media promosi film dengan pengintegrasian beberapa elemen dalam promotional mix, seperti advertising, publicity, internet marketing, dan sales promotion. Konsep kreatif perancangan media promosi akan difokuskan pada karakter utama dan elemen kardus. Media sebagai hasil proses perancangan lebih bervariasi dan berbeda agar lebih menarik target audience.
Kata kunci : film, media, promosi