Kreativitas pada masa sekarang maupun mendatang akan menjadi salah satu hal yang penting dan utama sebagai pendorong perkembangan ekonomi di Indonesia khususnya pada bidang industri kreatif. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia telah mencanangkan 16 subsektor ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan sebagai penggerak perekonomian industri kreatif di berbagai kota yang ada di Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang berpotensi besar dalam bidang industri kreatif adalah Kota Bandung. Kota Bandung juga telah dipercaya menjadi salah satu kota kreatif dalam bidang desain oleh UNESCO pada tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Bandung yang sudah berkembang. Potensi besar yang dimiliki masyarakat Bandung ini perlu didukung dan dikelola dengan baik. Hal yang dapat dilakukan yaitu menyediakan fasilitas terpusat yaitu pusat kreatif Bandung agar ide – ide kreatif masyarakat Bandung dapat tersalurkan dengan baik dan tidak hanya tersimpan dalam angan. Fasilitas ini akan menjadi pusat pengembangan kreativitas masyarakat Bandung untuk belajar, bereksplorasi, berkolaborasi dan berbagi penglaman dalam membuat karya hingga produk dalam bidang industri kreatif untuk masyarakat kreatif Bandung khususnya bagi anak muda. Dengan adanya pusat kreatif ini, diharapkan kualitas SDM maupun produk dari Bandung dapat semakin meningkat, dapat membantu memajukan ekonomi kreatif Bandung hingga Indonesia dan dapat bersaing secara internasional.
Kata Kunci : Kreatif, ekonomi kreatif, industri, pusat, Bandung.