Abstrak
Dalam persaingan perusahaan harus mampu menunjukkan keunggulan produknya yang membedakan dengan produk pesaing lainnya yang sejenis dan sekaligus dapat dijadikan competitive advantages atau keunggulan bersaing bagi perusahaan tersebut sehingga perusahan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis.PT. Unilever Indonesia dalam hal ini mampu melahirkan produk unggulan yang dapat menggeser dominasi pesaing utamanya (Kecap ABC) lewat Bauran Pemasaran (Marketing Mix), yaitu Kecap Bango.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survey dimaksudkan untuk menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hypothesis. Pada penelitian ini, penelitian survey diarahkan untuk menyelidiki hubungan yang terjadi, dengan tujuan memisahkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung suatu variable terhadap variabel lain. Skala ordinal digunakan sebagai skala pengukuran, dengan menggunakan kuesioner penelitian sebagai teknik pengumpulan data, dan diedarkan kepada 100 koresponden.
Dapat diketahui bahwa penilaian responden secara umum terhadap variabel Product, Price, Place, Promotion yaitu sebesar 77.58%, 80.83%, 81.58%, 73.84% dan terhadap variabel keputusan pembelian, yaitu sebesar 74,71%,. Hasil ini menunjukkan bahwa produk kecap bango menjadi favorit baru bagi masyarakat Indonesia khususnya kota Bandung, sebagai pilihan bumbu masakan yang dicintai keluarga.
Keyword: Product, place, promotion, price, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Keputusan Pembelian