ABSTRAK
ITB Entrepreneurship Challenge (IEC) merupakan sebuah kompetisi kewirausahaan untuk mahasiswa se-Indonesia yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian bangsa dengan mewadahi pengembangan inovasi dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa nasional, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengatasi permasalahan ekonomi bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Need for Achievement, Need for Power dan Need for Affiliation Mahasiswa dalam Keikutsertaan Kompetisi Entrepreneurship Terhadap Minat Berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 67 orang peserta ITB Entrepreneurship Challenge (IEC) 2013 khususnya mahasiwa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB). Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner pada responden penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian membuktikan bahwa koefisien regresi untuk variable bebas bernilai positif menunjukkan adanya hubungan yang searah dengan Minat berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian variable Need for achievement (X1), Need for power (X2) dan Need for affiliation (X3) memberikan pengaruh sebesar 57,5% terhadap Minat berwirausaha (Y). Sedangkan sisanya sebesar 42,5% merupakan kontribusi variabel lain selain Need for achievement (X1), Need for power (X2) dan Need for affiliation (X3).
Kata kunci: Motivasi, Need for achievement, Need for power, Need for affiliation dan Minat Berwirausaha.