Penelitian ini berjudul “Penerapan Relationship Marketing Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Hotel Athaya Kendari)”. Hotel Athaya merupakan salah satu hotel berbintang tiga di Kota Kendari. Hotel ini menerapkan relationship marketing sebagai strategi pemasarannya dengan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan sebagai upaya untuk menciptakan loyalitas pelanggannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan relationship marketing yang dilakukan oleh Hotel Athaya dan loyalitas pelanggan Hotel Athaya dengan adanya penerapan relationship marketing. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan, observasi lapangan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk penerapan relationship marketing yang diterapkan di Hotel Athaya sejalan dengan teori Boone dan Kurtz berupa tiga bentuk pendekatan yaitu financial benefit, social benefit, dan structural ties. Bentuk pendekatan financial benefit adalah yang paling banyak diterapkan kepada pelanggan. Penerapan relationship marketing oleh Hotel Athaya berhasil menciptakan loyalitas pelanggan hotel yang dapat dilihat melalui karakteristik-karakteristik loyalitas pelanggannya.
Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Hotel.