PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Hotel Athaya Kendari)

ZULFIKAR KHAIDIR MAHMUD

Informasi Dasar

72 kali
17.04.3789
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul “Penerapan Relationship Marketing Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Hotel Athaya Kendari)”. Hotel Athaya merupakan salah satu hotel berbintang tiga di Kota Kendari. Hotel ini menerapkan relationship marketing sebagai strategi pemasarannya dengan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan sebagai upaya untuk menciptakan loyalitas pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan relationship marketing yang dilakukan oleh Hotel Athaya dan loyalitas pelanggan Hotel Athaya dengan adanya penerapan relationship marketing. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk penerapan relationship marketing yang diterapkan di Hotel Athaya sejalan dengan teori Boone dan Kurtz berupa tiga bentuk pendekatan yaitu financial benefit, social benefit, dan structural ties. Bentuk pendekatan financial benefit adalah yang paling banyak diterapkan kepada pelanggan. Penerapan relationship marketing oleh Hotel Athaya berhasil menciptakan loyalitas pelanggan hotel yang dapat dilihat melalui karakteristik-karakteristik loyalitas pelanggannya.

Kata Kunci: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Hotel.

Subjek

RELATIONSHIP MARKETING
 

Katalog

PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Hotel Athaya Kendari)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZULFIKAR KHAIDIR MAHMUD
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini