AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS TIGA SEKOLAH DASAR AR-RAFI

NADIA AYU SAVITRI

Informasi Dasar

104 kali
17.06.1188
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang menggabungkan obyek grafis 3D dengan dunia nyata. Inti dari Augmented Reality ini adalah melakukan interfacing untuk menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata. Kini penelitian menggunakan Augmented Reality berkembang pesat. Dan memanfaatkan bidang ini untuk meningkatkan pembelajaran dan menambah pengetahuan adalah salah satu cara meningkatkan minat siswa dalam belajar. Aplikasi ini dimaksudkan untuk mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar disekolah. Aplikasi ini mampu menampilkan view obyek dengan animasi 3D yang dapat dilihat dari berbagai sisi. Aplikasi ini dijalankan pada smartphone Android dan melakukan scanning Marker pada buku My Pals Are Here untuk melihat obyek animasi 3D. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsionalitas, yaitu dapat mengeluarkan suara dan fitur zoom in - zoom out. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode ADDIE. Tools yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Blender sebagai modelling, rigging, dan animasi. Unity sebagai tools pembuat obyek 3D menjadi Augmented Reality. Vuforia sebagai editor Marker. Proyek Akhir ini membangun dan merancang suatu Aplikasi Pengenalan Hewan dan Tumbuhan menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis platform Android sehingga dapat berjalan di smartphone berbasis Android.

Kata kunci : Aplikasi,Augmented Reality,Unity,3D,IPA,Android.

Subjek

UNITY 3D
 

Katalog

AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS TIGA SEKOLAH DASAR AR-RAFI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA AYU SAVITRI
Perorangan
Siska Komala Sari, Wahyu Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini