PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, PERSENTASE PENAWARAN, UMUR PERUSAHAAN, JENIS INDUSTRI, DAN ROE TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA (Periode 2010-2012)

FEBRIANSYAH

Informasi Dasar

41 kali
17.04.3891
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Initial Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah. hasil dari ketidakpastian harga saham pada pasar perdana yang terjadi karena adanya asymmetry information yang dimiliki oleh pihak-pihak yang terlibat dalam penawaran perdana yaitu emiten, underwriter dan investor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana reputasi underwriter, persentase penawaran, umur perusahaan, jenis industri, dan return on equity (ROE) apakah terdapat pengaruh terhadap underpricing secara parsial dan bagaimana reputasi underwriter, persentase penawaran, umur perusahaan, jenis industri dan return on equity (ROE) apakah terdapat pengaruh secara simultan pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012 Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskrtiptif verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012 dengan sampel sebanyak 36 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang telah memenuhi pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu reputasi underwriter, persentase penawaran, umur perusahaan, jenis industri dan return on equity (ROE) secara simultan berpengaruh terhadap underpricing. Sementara itu secara parsial menunjukan hanya reputasi underwriter yang berpengaruh terhadap underpricing. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R2 = 32,6% yang berarti seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu underpricing sebesar 32,6 %.
Keywords: Underpricing, reputasi underwriter, persentase penawaran, umur perusahaan, jenis industri dan return on equity (ROE).

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, PERSENTASE PENAWARAN, UMUR PERUSAHAAN, JENIS INDUSTRI, DAN ROE TERHADAP UNDERPRICING PADA SAAT PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA (Periode 2010-2012)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRIANSYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini