Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN bisa menjadi peluang atau ancaman untuk para pengusaha, Data dari UKM Center UI menyebutkan bahwa UMKM di Indonesia yang kuat hanyalah 10-16% dari 53 juta UMKM. Salah satu bisnis yang berhasil adalah parfum gue, Karena bisnis parfum gue terus meningkat dari sisi produksi, sarana fisik, jumlah pelanggan, daerah pemasaran, perluasan usaha, dan pendapatan usaha selama tahun 2012 hingga tahun 2015.
Untuk menjadikan suatu usaha berhasil dibutuhkan jiwa kewirausahaan yang kuat dari para pengusahanya. Pemilik dari parfum gue R. Tubagus Wijaya telah menjadikan bisnisnya berhasil, maka dari itu akan dilakukan penelitian tentang jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik parfum gue untuk mengetahui seperti apa karakteristik dari jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh pemilik parfum gue.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mengikutsertakan 3 orang dari perusahaan parfum gue sebagai informan yaitu Fauzan Anugrah selaku general manager, Sandi Nugraha distributor cimahi, dan Dede Yusuf direktur pemasaran, dengan menggunakan teknik purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Variabel yang diteliti adalah karakteristik dari jiwa kewirausahaan pemilik parfum gue.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa pemilik dari parfum gue memiliki jiwa kewirausahaan yaitu: percaya diri, berorientasikan tugas dan hasil, pengambil risiko, kepemimpinan, keorisinalan, berorientasi kepada masa depan.