Dalam menghadapi persaingan global, setiap perusahaan dituntut
mengelola unit-unit usahanya secara efisien dan efektif melalui peningkatan
kinerja disamping peningkatan produk dan jasa. Total Quality Management
merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi
usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Total
Quality Management (TQM) terhadap kinerja manajerial dengan sistem
pengukuran kinerja dan sistem penghargaan sebagai variabel moderating.
Penelitian dilakukan terhadap manajer tingkat menengah pada PT. INTI
(Persero).
Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif
bersifat kausalitas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan
mengumpulkan kuesioner yang disebar ke 24 responden. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan Moderate
Regression Analysis (MRA) .
Hasil penelilitian menunjukkan bahwa: (1) Total Quality Management
(TQM) berpengaruh terhadap kinerja manajerial, namun arah hubungannya
negatif (2) interaksi Total Quality Management dan sistem pengukuran kinerja
tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial (3) interaksi Total Quality
Management dan sistem penghargaan berpengaruh terhadap kinerja
manajerial. Jadi, sistem penghargaan dapat menjadi variabel moderating
terhadap hubungan Total Quality Management dan kinerja manajerial.
Keywords: Total Quality Management, sistem pengukuran kinerja, sistem
penghargaan, kinerja manajerial.