Pada masa sekarang ini untuk mencari suatu informasi digunakan teknologi internet. Selain mendapatkan informasi dengan cepat, internet memberikan kemudahan penggunanya untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Penggunaan internet di Indonesia lebih banyak digunakan untuk mengakses media sosial. Salah satu media sosial yang sering digunakan adalah Instagram. Media sosial yang berbasis foto/video ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunanya dalam pencarian informasi. Banyak akun Instagram mengenai informasi Kota Bandung, akan tetapi akun Instagram yang paling banyak diikuti adalah akun @explorebandung dengan followers sebanyak 394.000.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fitur Instagram @explorebandung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi wisata di Kota Bandung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah fitur Instagram @explorebandung dengan variabel terkait adalah pemenuhan kebutuhan informasi wisata di Kota Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi dari penelitian ini adalah followers akun Instagram @explorebandung. Jumlah sampel sebanyak 100 dengan menggunakan teknik random sampling.
Hasil akhir penelitian ini dapat diketahui bahwa sub variabel fitur Instagram @explorebandung memiliki pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi wisata di Kota Bandung sebesar 71% , dengan sub variabel yang paling dominan adalah caption sebesar 53,5%, dan sisanya sebesar 29% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.