Corporate Social Responsibility sebagai sebuah gagasan, perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggungjawab yang berpijak pada single bottom line yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya saja tetapi harus berpijak pada triple bottom lines, dimana bottom lines selain aspek finansial juga terdapat aspek sosial dan lingkungan. Keberadaan perusahaan di tengah lingkungan tidak dapat dilepaskan dengan para stakeholder. Keterlibatan stakeholders menuntut perusahaan untuk memberikan informasi secara luas dan transparan, mengenai aktivitas bisnis termasuk aktivitas sosialnya melalui pengungkapan sosial. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan investasi jangka panjang untuk mempertahankan keberlanjutan (sustainability) perusahaan di dunia bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Profile Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan tahunan perusahaan. Penelitian dilakukan pada emiten LQ45 periode tahun 2010-2011.
Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah emiten yang terdaftar pada indeks LQ45 periode tahun 2010 hingga tahun 2011, dengan sampel sebanyak 28 emiten yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang telah melalui pengujian asumsi klasik.
Hasil penelilitian menunjukkan bahwa: (1) Semua variabel independen, yaitu Ukuran perusahaan, Profitabilitas, dan Profile perusahaan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan nilai koefisien determinasi Adjusted R square sebesar 41,1%. (2) Variabel independen, yaitu Ukuran perusahaan, Profitabilitas, dan Profile perusahaan berpengaruh positif terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), namun secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).
Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran perusahaan, Profitabilitas, Profile perusahaan.