Pengukuran tingkat kematangan pada kesesuaian TI dan bisnis merupakan hal yang vital untuk memastikan bahwa teknologi informasi yang diterapkan telah mendukung tujuan bisnis.
Pengukuran tingkat kematangan pada kesesuaian TI dan bisnis di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk selama ini telah dilakukan dengan menggunakan standar COBIT, namun penelitian dengan metode lain diperlukan sebagai pembanding dengan tingkat kematangan yang telah ada. Metode pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengukuran Strategic Alignment Maturity oleh Luftman. Metode ini mengukur tingkat kematangan dengan 6 kriteria, yaitu kriteria komunikasi, kompetensi, tata kelola, hubungan kerja sama, ruang lingkup dan arsitektur, serta keahlian.
Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa secara keseluruhan tingkat kematangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Head Office Bandung untuk tahun 2012 berada pada tingkat 3. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan meningkatkan tingkat kematangan dari tingkat 3 menjadi tingkat 4.
Kata Kunci : Kesesuaian TI dan Bisnis, Luftman Strategic Alignment Maturity, Tingkat Kematangan