PENGEMBANGAN MOTIF KARANG JENIS ACROPORA ASPERA PADA APLIKASI BATIK BERBASIS WEB

RYAN ADYTIA

Informasi Dasar

18.04.060
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu warisan budaya terbesar dan terbaik di Indonesia adalah Batik, dengan mengetahui fakta tersebut salah satu cara untuk melestarikannya yaitu dengan mengekplorasi pola baru untuk dijadikan batik. pola batik dapat terinspirasi dari berbagai macam bentuk benda, tumbuhan, bahkan berbentuk hewan pun ada. Tetapi pada penelitian ini pola yang telah dijadikan batik yaitu pola dari jenis biota laut khususnya terumbu karang dengan berbasis web.

Terdapat berbagai macam jenis terumbu karang di dunia dan setiap bentuknya memiliki keunikan masing-masing. Melihat dengan banyaknya keunikan bentuk dari berbagai jenis terumbu karang tersebut maka hal itu layak dijadikan sebuah pola baru untuk pengembangan pola batik yang baru. Jenis terumbu karang yang telah ditentukan untuk menjadi sebuah motif batik baru yaitu jenis Acropora Aspera.

Pada penelitian ini, telah tercipta sebuah desain batik menggunakan motif karang jenis Acropora Aspera berbasis web. Pada pembuatannya terdapat beberapa operasi matematika dan setiap operasi memiliki fungsinya sendiri. Setiap operasi memiliki variable yang memiliki peranannya masing-masing dalam membangun desain motif batik, selain itu L-Systems juga digunakan sebagai metode pengembangan desain motif batik ini. Dengan selesainya pembuatan tugas akhir ini, maka telah tercipta desain batik motif karang Acropora Aspera. Hasil dari pengujian melalui survei pun menunjukan bahwa 97% responden mengatakan diperlukannya pengembangan batik, dan 97% responden memiliki jawaban yang positif tentang pengembangan desain batik menggunakan motif karang namun hasil pembuatan desain motif batik yang sudah diimplementasikan perlu dikembangkan lagi.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

PENGEMBANGAN MOTIF KARANG JENIS ACROPORA ASPERA PADA APLIKASI BATIK BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN ADYTIA
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Anton Siswo Raharjo Ansori
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CEH2E3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini