PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETRUN ON EQUITY, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY & REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2013- 2016 )

ALFIAN PHAKSY PANUNTAS

Informasi Dasar

18.04.099
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Semakin berkembangnya dunia usaha di Indonesia menyebabkan perusahaan-perusahaan besar membutuhkan sumber pendanaan dari luar. Salah satu sumber tersebut adalah penerbitan saham kepada masyarakat luas, yang disebut dengan go public. Hal tersebut juga berlaku bagi perusahaan property di Indonesia, Perkembangan sektor property dan real estate tentu saja akan menarik minat investor dikarenakan kenaikan harga tanah dan bangunan yang cenderung naik, supply tanah bersifat tetap sedangkan demand akan selalu bertambah besar seiring dengan pertambahan jumlah penduduk serta bertambahnya kebutuhan manusia akan tempat tinggal, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh Net Profit Margin, Return On Equity, dan Earning Per Share terhadap Harga Saham. Analisis ini menggunakan variabel independen Net Profit Margin, Return On Equity, dan Earning Per Share. Variabel dependennya adalah Harga Saham. Sampel yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 30 perusahaan. Metode statistik menggunakan analisis Regresi Berganda dengan pengujian hipotesis uji statistik T dan uji statistic F. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software SPSS, secara simultan variabel independen yang terdiri dari Net Profit Margin, Return On Equity dan Earning Per Share memiliki pengaruh secara simultan terhadap Harga Saham. Sedangkan pengujian secara parsial, menunjukan hasil bahwa variabel Net Profit Margin dan Earning Per Share berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Begitu pula Return On Equity berpengaruh terhadap Harga Saham, dan Return On Equity tidak memiliki pengaruh terhadap Harga Saham. Variabel Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) memberikan pengaruh sebesar 79,6% terhadap Harga Saham, Sedangkan sisanya sebesar 20,4% merupakan kontribusi variabel lain Harga Saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan para investor dan calon investor yang akan berinvestasi sebaiknya mempertimbangkan faktor dari variabel fundamental perusahaan, seperti NPM dan EPS.

Kata Kunci: Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Harga Saham

Subjek

INVESTATION ANALYSIS
 

Katalog

PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETRUN ON EQUITY, DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY & REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2013- 2016 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFIAN PHAKSY PANUNTAS
Perorangan
Mohamad Rafki Nazar
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini