SIMULASI PENGUJIAN MEJA PRAKTIKUM USULAN LABORATORIUM PROSES MANUFAKTUR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

MUBARAK

Informasi Dasar

18.04.172
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada fase pengembangan produk terdapat fase testing dan refinement dimana fase ini dilakukan setelah adanya detail design yang didalamnya terdapat dimesi, bentuk, material, karakteristik produk yang telah dihasilkan. Dalam melakukan testing atau pengujian dibutuhkan prototype. Prototype adalah penaksiran atau perkiraan produk berdasarkan tujuan-tujuan yang ingin didekati. Pada penelitian pertama yang berjudul “Perancangan Workstation CNC Router Yang Ergonomis Menggunakan Metode EFD” dalam penelitian tersebut di hasilkan konsep perancangan design yang mempertimbangkan aspek ergonomi terhadap fungsi produk. Desain yang dihasilkan pada penelitian tersebut merupakan prototype analitis dengan menggunakan software CAD. Hasil desain dari penelitian pertama tidak dilakukan pengujian mengenai kekuatan dan kemampuan meja dalam menahan beban yang merupakan salah satu fase dalam pengembangan produk. Oleh karena itu penelitian ini akan berfokus pada pada pengujian kekuatan struktur meja CNC yang sudah di desain. Pengujian yang dilakukan menggunakan prototype analitis sehingga pengujian ini berupa sebuah simulasi degnan menggunakan Finite Element Method (FEM). Metode Finite Element memungkinkan engineer untuk menganalisa benda/produk dengan geometri kompleks dan komposisi material yang berbeda sehingga dapat memecahkan masalah-masalah dinamis. Hasil penelitian diperoleh nilai Faktor fo Safety dari meja CNC dikatakan aman dan dari hasil analisi stress dan displacement meja tersebut dikatakan aman. Dari nilai Faktor of Safety yang dihasilkan cukup tinggi desain sehingga dapat dilakukan optimasi yang dapat mempengaruhi faktor ekonomi dan faktor estetika. Desain yang telah dioptimasi didapat nilai Faktor of Safety yang masih dalam kondisi aman sehingga desain hasil optimasi dapat dijadikan pertimbangan untuk diproduksi dan diterapkan pada keadaan sebenarnya.

Subjek

PRODUCT DEVELOPMENT
 

Katalog

SIMULASI PENGUJIAN MEJA PRAKTIKUM USULAN LABORATORIUM PROSES MANUFAKTUR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUBARAK
Perorangan
Mira Rahayu
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Industri
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini