PERANCANGAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PUPUK CAIR ORGANIK HASIL BIODIGESTER DI UNIVERSITAS TELKOM BANDUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN BENCHMARKING

PUTRI LUITA DEWI

Informasi Dasar

18.04.173
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI Penduduk Indonesia diperkirakan mengalami peningkata setiap tahunnya berdasarkan proyeksi sementara dari tahun 2010-2035. Bertambahnya penduduk, salah satunya mengakibatkan bertambahnya jumlah sampah. Sebanyak 75% sampah yang dihasilkan merupakan sampah organik. Sampah tersebut perlu ditanggulangi untuk mengurangi penyebab buruk akibat pembuangan sampah yang sudah tidak tertampung. YPT (Yayasan Pendidikan Telkom) yang memiliki lahan sebesar 499.670 m2 dengan luas lahan kosong sebesar 234.845 m2 menghasilkan banyak sampah organik yang diantaranya terdiri dari sampah tanaman dan sampah sisa makanan kantin. Bahan-bahan tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan biogas menggunakan biodigester yang dimiliki Universitas Telkom. Pada proses akhirnya, selain biogas, biodigester juga menghasilkan limbah cair yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik. Pupuk organik yang dihasilkan dapat dipasarkan sebagai produk baru dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh pengelola pupuk cair organik Universitas Telkom. Penelitian ini menggunakan pendekatan benchmarking yaitu dengan membandingkan kinerja dan produk yang sudah pernah dipasarkan sebelumnya oleh mitra usaha. Mitra usaha yang menjadi objek adalah PT. CVSK dan CV. Agro Duta. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dari kedua mitra usaha dan searching internet. Data yang ada dianalisis dengan menentukan gap antara kedua mitra usaha sehingga didapatkan best practice yang dapat ditiru oleh pengelola pupuk cair organik Universitas Telkom. Landasan teori yang digunakan adalah bauran komunikasi pemasaran, dan benchmarking. Kesimpulan yang diperoleh adalah didapatkannya rancangan bauran komunikasi pemasaran berdasarkan aspek pasar, saluran distribusi, bauran komunikasi pemasaran, media komunikasi pemasaran, dan konten pemasaran. Selain itu ditentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran tersebut sesuai urutan prioritas yang dapat diimplementasikan dan disesuaikan dengan kemampuan pengelola dalam memasarkan produk pupuk cair organik hasil biodigester di Universitas Telkom. Kata kunci: benchmarking, pengelola pupuk cair organik Universitas Telkom, bauran komunikasi pemasaran, pupuk cair organik

Subjek

COMMUNICATION IN MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK PUPUK CAIR ORGANIK HASIL BIODIGESTER DI UNIVERSITAS TELKOM BANDUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN BENCHMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI LUITA DEWI
Perorangan
Rosad Ma'ali El Hadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Industri
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4T3 - PEMASARAN DAN KOMUNIKASI TERPADU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini