PERANCANGAN PENGGUNAAN PENGUAT OPTIK PADA JARINGAN SISTEM KOMUNIKASI KABEL LAUT (SKKL) DI JALUR SISTEM INDONESIA GLOBAL GATEWAY (IGG)

BIMA KURNIA MARAHSAKTI A.KAREL

Informasi Dasar

18.04.188
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kabel komunikasi bawah laut merupakan contoh dari komunikasi link backbone di bawah laut yang menghubungkan jaringan telekomunikasi antar pulau maupun antar negara. Backbone adalah saluran berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Dikarenakan jarak yang akan ditempuh oleh suatu link submarine cable ini sangat jauh (lebih dari 5.000 Km), maka diperlukan perangkat penunjang seperti optical amplifier atau repeater, agar komunikasi yang dikirimkan dapat sampai ke tujuan dengan meminimalisir data yang hilang. Pada penelitian ini akan menganalisa sebuah perancangan bagaimana pengaruh dari penggunaan penguat optik terhadap jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang terdapat di jalur sistem Indonesia Global Gateway (IGG). Terdapat opsi penggunaan penguat optik yaitu dengan menggunakan sistem Repeater-ed atau menggunakan sistem Repeater-less. Dengan menggunakan parameter-parameter yang ada, didapatkan untuk hasil yang optimal dalam sistem komunikasi kabel laut Indonesia Global Gateway menggunakan konfigurasi repeater-ed dengan nilai Q-Factor 68, nilai bit error rate (BER) 4.42x10-22, serta nilai power receive 2.206 dBm.

Subjek

Telecommunication systems- planning
 

Katalog

PERANCANGAN PENGGUNAAN PENGUAT OPTIK PADA JARINGAN SISTEM KOMUNIKASI KABEL LAUT (SKKL) DI JALUR SISTEM INDONESIA GLOBAL GATEWAY (IGG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIMA KURNIA MARAHSAKTI A.KAREL
Perorangan
Akhmad Hambali
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini