Perancangan dan Implementasi Monitoring Detak Jantung Pasien Secara Real-time Berbasis Web

FATHIA TUDDINI

Informasi Dasar

18.06.023
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Kesehatan perlu diperhatikan terutama kesehatan jantung. Fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan membuang limbah sisa metabolisme. Beats per minute (bpm) merupakan parameter untuk mengukur kecepatan jantung. Kondisi jantung ditujukan dari frekuensi detak jantung. Monitoring detak jantung diperlukan untuk memantau keadaan jatung secara berkala. Tujuan penelitian ini untuk memudahkan dalam memantau keadaan detak jantung agar pengguna mengetahui kesehatan jantungnya.

Sistem ini telah diterapkan atas beberapa aplikasi utama berbasis web. Pengguna yang sudah memiliki akun dapat masuk ke dalam web sedangkan yang belum memiliki akun harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Tampilan web menunjukkan beberapa informasi pengguna yaitu nama, umur, jenis kelamin, riwayat penyakit dan rata-rata detak jantung per harinya. Sedangkan akun untuk admin berisi informasi yang lebih lengkap dari pada akun milik pengguna seperti tinggi badan, berat badan, riwayat penyakit dan catatan medis. Jika detak jantung terdeteksi tidak normal maka sistem akan mengirimkan notifikasi ke smartphone milik keluarga pengguna.

Hasil percobaan menunjukkan bahwa pasien dan dokter yang berperan sebagai admin dapat masuk ke dalam web dengan menggunakan akun yang sudah dimiliki. Data detak jantung dari hardware akan ada pada tabel di MySQL. Ketika MySQL dan web sudah terhubung maka pada web akan menampilkan data sesuai yang ada pada hardware. Tampilan web admin lebih lengkap dibandingkan dengan tampilan web milik pasien.

Kata kunci : Detak jantung, MySQL, Monitoring, Smartphone, Web.

Subjek

Biomedical Engineering
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Monitoring Detak Jantung Pasien Secara Real-time Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHIA TUDDINI
Perorangan
Giva Andriana Mutiara, Muhammad Ikhsan Sani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini