Anak – anak adalah bagian dari generasi muda sebagai salah satu sumber daya manusia yang merupakan penerus bangsa yang memerlukan pembinaan. Untuk itu, anak memerlukan pendidikan tidak hanya dari segi akademis, tetapi juga dari pendidikan karakter seperti pendidikan tentang empati, tanggung jawab, dan sosial terutama bagi anak usia 5-6 tahun dimana anak sedang mengalami banyak perkembangan kemampuan fisik, emosional, bahasa, dan sosial yang kelak akan membentuk kepribadiannya. Pendidikan karakter tersebut dapat dipelajari dari lingkungan anak, salah satunya dari hewan peliharaan kucing yang menjadi salah satu hewan peliharaan terpopuler di Indonesia. Pembelajaran tentang kasih sayang melalui hewan peliharaan, dapat berperan penting dalam membentuk sikap anak terhadap lingkungan, dan cara mereka memperlakukan hewan di masa yang akan datang dan tentunya dapat mengurangi kekerasan pada hewan yang kasusnya dapat ditemui, baik yang terpublikasi maupun tidak, sehingga anak memerlukan edukasi mengenai kucing, cara perawatannya, dan mengenalkan kasih sayang terhadap hewan. Tujuan dari perancangan ini yaitu membentuk karakter empati, tanggung jawab, dan kerjasama. Penulis mengumpulkan data melalui teknik wawancara, observasi, studi pustaka, dan analisis matriks perbandingan. Setelah data yang diperlukan terkumpul, penulis melakukan perancangan berupa buku dengan ilustrasi berupa kartun full color, menggunakan cerita sederhana, dan karakter untuk mempermudah penyampaian informasi pada anak. Konten dibuat dengan tujuan menciptakan interaksi harmonis anak dengan lingkungannya terutama pada hewan peliharaan, memperkuat empati pada sesama makhluk hidup, dan meningkatkan kemampuan sosial seperti kerjasama dengan keluarga dalam memelihara kucing.