PERANCANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL PURCHASE MANAGEMENT BERBASIS ODOO UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DI PT. TRITUNGGAL MULIA WISESA DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT

HERGIAS PAMUNGKAS

Informasi Dasar

18.04.249
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Tritunggal Mulia Wisesa (PT. TMW) yang merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang distribusi produk-produk terkenal dari PT. P&G. Dalam menjalankan proses bisnisnya, PT.TMW masih menerapkan sistem yang masih belum terintegrasi pada setiap proses bisnisnya. Hal ini menyebabkan proses bisnis menjadi lambat dan share data yang dibutuhkan masih kurang efektif dan membuat proses bisnis dalam pengendalian persediaan stok barang bermasalah sehingga terjadi kelebihan stok barang dan kekurangan stok barang.
Odoo merupakan software manajemen all-in-one yang menawarkan berbagai aplikasi bisnis yang membentuk paket lengkap aplikasi manajemen perusahaan. Tidak hanya untuk perusahaan UKM, Odoo juga dapat digunakan untuk perusahan besar yang menyediakan solusi kegiatan pembelian berupa modul Purchase Management. Dengan sifatnya yang opensource, penyesuaian dan konfigurasi dapat disesuaikan dengan karakteristik permasalahan yang ada di PT. TMW. Pada penelitian ini pengembangan sistem ERP Odoo dilakukan dengan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) karena sifatnya yang lebih efisien terhadap waktu dan minimumnya biaya yang dikeluarkan dibanding dengan metode lainya. Perancangan sistem ERP purchase management dilakukan dengan menganalisis proses bisnis saat ini dan proses bisnis pada sistem ERP Odoo. Untuk selanjutnya dilakukan analisis GAP dan Fit sebagai dasar pembuatan proses bisnis usulan yang telah disesuaikan dengan sistem.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah perancangan aplikasi ERP Odoo yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di PT. TMW sehingga setiap proses bisnis yang lama dapat lebih cepat dan lebih baik dari pada sebelumnya. Kata Kunci: ERP (Enterprise Resource Planning), Odoo, Purchase Management, Metode RAD.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MODUL PURCHASE MANAGEMENT BERBASIS ODOO UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DI PT. TRITUNGGAL MULIA WISESA DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERGIAS PAMUNGKAS
Perorangan
MUHAMMAD AZANI HASIBUAN, UMAR YUNAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini