PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016)

EGI PUTRA UTAMA

Informasi Dasar

18.04.275
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Konservatisme akuntansi merupakan sebuah prinsip kehati-hatian dalam menyusun laporan keuangan Tindakan kehati-hatian tersebut diimplikasikan dengan mengakui biaya atau rugi yang akan mugkin akan terjadi, tetapi tidak segera mengakui pendapatan atau laba yang akan datang walaupun kemungkinan terjadinya besar. Hal ini akan menyebabkan rendahnya nilai pendapatan dan laba serta tingginya nilai beban dan kewajiban. Prinsip konservatisme akuntansi diterapkan untuk mengantisipasi ketidakpastian yang terjadi dalam aktivitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan perusahaan subsektor telekomunikasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia sebagai populasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 5 perusahaan pada tahun 2011- 2016 dengan 30 sampel yang diobservasi. Metode analis yang digunakan adalah regresi data panel. Berdarkan hasil penelitian, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa leverage berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap konservatisme akuntansi, ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi, kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi, profitabilitas memiliki pengaruh dengan arah negatif terhadap konservatisme akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, bagi investor, disarankan agar investor harus cerdas dan selektif dengan memperhatikan tingkat leverage dan profitabilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Bagi regulator, disarankan untuk membuat standar yang berkaitan dengan konservatisme akuntansi cara memantau tingkat leverage dan profitabilitas. Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi pada Subsektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGI PUTRA UTAMA
Perorangan
Farida Titik Kristanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini