PERANCANGAN SIMULATOR BERGERAK UNTUK PEMBELAJARAN MENGEMUDI SUB SISTEM PENGENDALI MEKANIKA

NEOLA LAYALIA RAHMAH

Informasi Dasar

18.04.334
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Simulator mengemudi adalah alat yang digunakan untuk simulasi mengemudi secara virtual yang dibuat meyerupai keadaan kendaraan yang sesunggunya. Pembuatan simulator mengemudi ini bertujuan untuk melatih para pengendara yang masih pemula untuk belajar mengemudi di jalan raya tanpa harus megemudi di jalan raya sesungguhnya. Selain untuk berlatih mengemudi, simulator mengemudi juga dapat digunakan untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh para pengemudi yang masih pemula.

Simulator mengemudi mempunyai tiga bagian utama penting, yaitu Input System, Visual System, dan Output System yang saling terhubung satu sama lain. Apabila ketiga bagian utama itu digabungkan akan membentuk suatu sistem besar yang disebut simulator bergerak untuk pembelajaran mengemudi.

Dalam Tugas Akhir ini dibuat sebuah perangkat Input System yang terdiri dari kemudi, pedal akselerator, pedal rem, dan persneling yang mempunyai suatu nilai berfungsi sebagai nilai masukkan ke dalam Visual System dan akan mempengaruhi pergerakan pada Output System. Keakurasian dan kestabilan nilai pada Input System sangat dibutuhkan untuk kinerja yang baik dari simulator mengemudi ini. Pengimplementasian kontrol sistem menggunakan PI untuk kestabilan nilai pada pedal akselerator dan rem, serta menggunakan encoder untuk pembuatan kemudi dengan tingkat ketelitian 0,01 mm sangat cocok digunakan untuk Input System dalam penelitian ini. Dari hasil pengujian, dapat meunjukkan kestabilan sistem yang tercapai dalam waktu kurang lebih 1,7 detik, dan juga menghasilkan tangkat keakurasian data pada encoder yang mencapai 99,69% hingga 99,81%.

Subjek

CONTROL-SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN SIMULATOR BERGERAK UNTUK PEMBELAJARAN MENGEMUDI SUB SISTEM PENGENDALI MEKANIKA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NEOLA LAYALIA RAHMAH
Perorangan
AGUS VIRGONO, RANDY ERFA SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • SK4403 - INTERAKSI MESIN MANUSIA
  • CEG4D3 - INTERAKSI MESIN MANUSIA
  • SK4603 - SISTEM EMBEDDED
  • CEG3H3 - SISTEM KENDALI DAN MEKANIKA
  • CEH4H3 - SISTEM TERTANAM
  • TKI4N3 - SISTEM TERTANAM

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini