Anak memasuki masa belajar yang tidak hanya di dalam sekolah tetapi juga di luar sekolah disaat mereka memasuki tahapan anak usia sekolah (6-12 tahun). Pengenalan profesi merupakan salah satu pembelajaran yang penting dilakukan agar dapat menghargai profesi serta mendorong anak untuk mengejar cita-cita yang mereka inginkan. Tetapi kurangnya waktu dan media yang ada menyebabkan pemahaman anak terhadap profesi menjadi kurang baik. Setelah penulis melakukan observasi dengan menggunakan user experience questionnaire pada salah satu aplikasi yang ada masih ditemukan kekurangan yang berpengaruh terhadap user experience (UX). Kekurangan-kekurangan tersebut timbul karena tidak terdapatnya UX yang tepat untuk pengenalan profesi bagi anak usia sekolah. Oleh karena itu metode yang dipilih penulis untuk menganalisis pada tugas akhir ini adalah User-Centered Design (UCD), karena UCD meletakkan user sebagai center. Penelitian ini menghasilkan prototipe user experience untuk aplikasi pembelajaran pengenalan profesi untuk anak usia sekolah yang memiliki kebutuhan task yang sesuai dengan user experience karakteristik anak usia sekolah. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkan user interface aplikasi Pengenalan Profesi untuk anak usia sekolah yang sesuai dengan user experience yang diuji menggunakan User Experience Questionnaire yang memiliki batasan nilai minimal Above Average.