pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan dewan komisaris independen terhadap pengungkapan sustainability report

SAMIADJI HUDA SETYAWAN

Informasi Dasar

18.04.376
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Sustainability report merupakan laporan yang berisi praktik dalam mengukur dan mengungkapkan aktivitas sosial dan lingkungan perusahaan, sebagai tanggung jawab kepada stakeholder internal dan eksternal mengenai kinerja organisasi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Perusahaan diharapkan mampu dalam melakukan pengungkapan sustainability report sebagai bentuk transparasi, akuntabilitas, dan responsibilitas perusahaan kepada investor dan stakeholder lainnya. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial yang dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan perusahaan.
 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen terhadap pengungkapan Sustainability Report. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan non perbankan dan non keuangan yang tercata di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016. 
 Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 12 perusahaan non perbankan dan non keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2014-2016. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dan regresi data panel.
 Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9, secara simultan variabel independen yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan dewan komisaris independen memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Sustainability Report. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa kepemilikan manajerial dan dewan komisaris independen  memiliki pengaruh negatif pengungkapan Sustainability Report, sedangkan kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Sustainability Report.

Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Pengungkapan Sustainability Report.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan dewan komisaris independen terhadap pengungkapan sustainability report
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAMIADJI HUDA SETYAWAN
Perorangan
Willy Sri Yuliandari, Wiwin Aminah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini