Simulasi Stokastik Menggunakan Distribusi Gaussian Pada Investigasi Kerusakan Yang Diakibatkan Greyhole Attack pada MANET (Mobile Ad-hoc Network)

STONE TARIGAN

Informasi Dasar

18.04.424
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mobile Ad-hoc Network (MANET) merupakan kumpulan-kumpulan node bergerak nirkabel yang saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan saluran nirkabel multihop tanpa infrastruktur jaringan. Node di Mobile Adhoc Network berfungsi sebagai host ketika meminta atau memberi informasi dari node lain dalam jaringan. Salah satu serangan yang ada di ada pada Mobile Adhoc Network adalah serangan Greyhole Attack. Pada serangan ini, penyerang akan berpura-pura sebagai node baik untuk memanipulasi paket yang akan dikirim. Hal menyebabkan target akan percaya bahwa paket yang diteruskan oleh node palsu tersebut adalah benar. Serangan ini dapat mengakibatkan hilangnya data bahkan bisa memutuskan jaringan komunikasi.

Yang dilakukan di tugas akhir ini ialah mensimulasikan dampak kerusakan serangan Greyhole di Mobile Adhoc Network Dengan menggunakan Distribusi Gaussian untuk membangkitkan node. Pengujian dilakukan dengan skenario yang berbeda dan menggunakan 1 Malicious node. Berdasarkan hasil pengujian, dampak kerusakan paling tinggi terletak pada posisi tengah malicious node 38 di koordinat (-5 sampai 0 untuk sumbu x) dan (-5 sampai 0 untuk sumbu y) sebesar 76%.

Subjek

NETWORK
 

Katalog

Simulasi Stokastik Menggunakan Distribusi Gaussian Pada Investigasi Kerusakan Yang Diakibatkan Greyhole Attack pada MANET (Mobile Ad-hoc Network)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

STONE TARIGAN
Perorangan
Satria Mandala, Aniq Atiqi Rohmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CNH3A4 - JARINGAN DAN SISTEM TERDISTRIBUSI
  • IKG3F3 - PEMODELAN STOKASTIK
  • CNH3E3 - PROSES STOKASTIK
  • IK2013 - STATISTIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini