Perkembangan Internet dan teknologi telekomunikasi telah menjadi bisnis yang menguntungkan. Pola tarif yang ditetepakan oleh operator bersifat dinamis yaitu berubah ubah sesuai kondisi di lingkungan, tren yang terjadi di industri telekomunikasi serta masyarakat. Layanan telekomunikasi yang secara general terdiri dari data,voice dan sms memiliki pola tarif serta level harga berbeda yang dipilih oleh mayoritas pengguna layanan telekomunikasi.
Indosat sebagai Market Leader BlackBerry® untuk provider GSM, harus merancang strategi pola tarif yang sesuai dengan nilai produk bagi pelanggan menggunakan metode Price Sensitivity Meter. Hal yang ingin diteliti oleh peneliti adalah mengetahui data usage, voice usage dan sms usage serta kecendrungan usage.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesensitivitasan harga pengguna Blackberry operator Indosat terhadap penggunaan layanan data, suara serta pesan singkat sebagai harga satuan jasa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif inferensial dengan jenis penelitian . teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan sampel para pengguna Blackberry operator Indosat Jabodetabek sebanyak 107 orang. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengguna Blackberry operator Indosat tidak memiliki kesensitivitasan harga terhadap penggunaan layanan data, suara serta pesan singkat sebagai harga satuan jasa.
Keywords :Pricing, data usage, voice usage, sms usage.