STEGANOGRAFI CITRA BERDASARKAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM DAN QR DECOMPOSITION MENGGUNAKAN LEAST SIGNIFICANT BIT DAN DERET FIBONACCI

TITA HARYANTI

Informasi Dasar

18.04.505
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menjadikan pertukaran data digital semakin mudah dan cepat, misalnya melalui media internet. Dengan adanya kemudahan dalam pertukaran data digital, seseorang dapat melakukan interruption, interception, dan modification pada data digital tersebut. Untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data diperlukan suatu teknik yang mengamankan data tersebut, salah satunya dengan steganografi.

Dalam tugas akhir ini, skema steganografi citra berdasarkan metode DWT dan QR decomposition diusulkan untuk menyisipkan pesan rahasia kedalam citra host berwarna pada color space dan layer tertentu. Pertama, citra host RGB dikonversi ke color space tertentu. Layer dimana pesan rahasia disisipkan juga bisa dipilih. Setelah layer citra yang dipilih pada color space tertentu ditransformasikan oleh DWT, selanjutnya dibagi menjadi blok pixel 8×8 yang tidak tumpang tindih. Kemudian, setiap blok pixel yang dipilih didekomposisi dengan QR decomposition dan elemen pada matriks R dihitung untuk disisipi informasi pesan rahasia. Pesan rahasia disisipkan ke dalam matriks R dari QR decomposition pada citra host dengan menggunakan metode LSB, dimana posisi yang dipilih ditentukan sesuai dengan angka Fibonacci yang digunakan untuk memperkuat dan menentukan lokasi penyisipan.

Dalam tugas akhir ini, citra-stego yang dihasilkan memiliki nilai BER=0, CER=0, SSIM=1 dan PSNR >50 dB, ketika citra-stego tidak diberikan serangan apapun. Dalam beberapa jenis serangan tertentu seperti Gaussian, salt and pepper, resize, dan cropping, pesan rahasia yang dihasilkan masih dapat terbaca meskipun terdapat sedikit kerusakan dengan BER rata-rata sebesar 0,001. Namun, untuk beberapa jenis serangan lain seperti kompresi JPG, LPF, median filter, histogram, rotate, pesan rahasia yang dihasilkan memiliki BER rata-rata sebesar 0,2, sehingga pesan tidak dapat dikenali dan diartikan.

Kata Kunci: Steganografi Citra, Discrete Wavelet Transform (DWT), QR decomposition, Least Significant Bit (LSB), deret Fibonacci.

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

STEGANOGRAFI CITRA BERDASARKAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM DAN QR DECOMPOSITION MENGGUNAKAN LEAST SIGNIFICANT BIT DAN DERET FIBONACCI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITA HARYANTI
Perorangan
Bambang Hidayat, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini