Dalam upaya mencapai target pertumbuhan industri pariwisata dan meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan asing, Kementerian Pariwisata melakukan berbagi upaya yang salah satunya adalah dengan merambah pemasaran online menggunakan situs jejaring sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memodelkan, menganalisis dan mengevaluasi proses penyebaran informasi mengenai country branding “Wonderful Indonesia” pada top platform situs jejaring sosial Google Plus, Twitter dan Facebook dengan menggunakan pendekatan social network analysis.
Dalam penelitian ini akan dilakukan visualisasi model jaringan menggunakan undirected graph, penghitungan nilai properti jaringan untuk mengukur performa jaringan interaksi. Dan penghitungan nilai centrality untuk mengetahui aktor paling berpengaruh di dalam jaringan.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik data crawling untuk Twitter dan data scrapping untuk Google Plus dan Facebook dari tanggal 01 Februari sampai 28 Februari 2017. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Gephi versi 0.9.1.
Berdasarkan hasil penelitian pola interaksi penyebaran country branding “Wonderful Indonesia” pada ketiga top platform menunjukan pola interaksi yang terpecah-pecah ke dalam sub-sub jaringan (komunitas). Terdapat 37 komunitas pada platform Google Plus, 272 komunitas pada plaform Twitter dan 54 komunitas platform facebook. Platform Twitter unggul dalam enam atribut properti jaringan yakni Total Node, Total Edges, Average Degree, Average Weighted Degree, Network Diameter, dan Number of Communities dibanding platform Google Plus dan Facebook.
Berdasarkan hasil hitung nilai degree centrality, betweeness centrality, closeness centrality dan eigenvector centrality, maka diketahui Akun Tri Rini Nuringtyas pada platform Google Plus, akun SportourismID platform Twitter dan akun PlanetTourIndonesia pada platform Facebook merupakan aktor-aktor yang paling berpengaruh dan dapat diberdayakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk meningkatkan penyebaran kampanye pemasaran dan country branding “Wonderful Indonesia” dengan lebih efektif dan efisien.
Kata kunci : SNA; undirected graph; kampanye pariwisata Wonderful Indonesia; Google Plus; Twitter; Facebook;